Belajar Bersama

Senin, 10 Oktober 2011

OUT BOND PASIS PIP MAKASSAR XXI ,MALINO 2011

Akhirnya tiba juga saatnya untuk out bound, setelah mengikuti diklat orientasi selama sepekan PASIS mengikuti out bond di Malino. kata senior yang telah mengikuti setahun yang lalu Asyik dan sangat memuaskan.
setelah pengecekan personil kami langsung naik ke bus yang telah disiapkan pihak kampus, dalam perjalanan ke tempat tujuan lumayan juga jauhnya sekitar 4 jam kata sang supir, itu karena sebagian jalan ada yang dalam perbaikan.

teman - teman seangkatan semua bersemangat dan memuji sang supir dengan kecepatannya dan pada saat belokan dan lebih seru lagi jika menyalip kendaraan didepannya, di iringi musik dari raja dangdut Roma Irama tidak terasa sampailah rombongan di malino, Hawa dingin terasa setelah kami turun dari Bus dan arahan dari ketua kelompok kami ditempatkan di penginapan ANGIN MAMIRI, saat itu jam menunjukkan pukul 11.30 kami langsung membersihkan badan dan langsung ke mesjid unuk shalat jumat. setelah shalat kami berkumpul unuk makan siang dan israhat sejenak menunggu arahan dari pembina.
setelah terasa cukup kami yang berjumlah sekitar 150 orang pasis di berikan pengarahan dan segera menuju tempat out bond. di sana tim pasilitator sudah siap dengan permainannya. semua di bagi menjadi sepuluh kelompok dan masing-masing di wakili oleh satu pasiliator..asyik juga karena yang mewakili kita cewek cantik sehingga kami semakin bersemangat.
satu demi satu permainan kami lalui dengan canda tawa, ada permainan memindahkan bola pingpong dari sebilah bambu ke bambu lain hingga sampai batas yang ditentukan, dan yang lebih seru pada saat pertama membuat yel-yel, kami sangat bersemangat agar tim kami yang terbaik, dengan partisipasi wakil dari pasilitaor semua berjalan dengan serunya.
saat lomba menaiki bambu yang dibuat semacam gawang kemudian diikatkan tali 4 kiri kanan depan belakang untuk menahan posisi bambu tersebut, satu orang naik mengarahkannya sambil loncat, seru dan tegang karena takut kalah dari tim lawan, namon kekonyolan terjadi saat wakil pasilitator menyuruh mengangkat bambu tersebut dan akhirnya dengan secepatnya kami melaju sampai di garis, sehingga tim lawan kalah. di satu sisi kami bersorak gembira namun disisi lain mereka berteriak tidak puas karena dicurangi..
permainan selanjutnya mengurutkan angka-angka yang diacak, tiap anggota tim harus menguasai 2 angka dari 30 angka, aturannya tidak boleh melawati tengah lingkaran besar dan harus menginjak angka yang disebut secara berurutan, asyik juga karena tidak mudah dilakukan tanpa adanya konsentrasi. dan akhirnya tim penilai menyatakan kamilah yang terbaik dengan kecepatan 19 menit dan memecahkan recor dari tim kami sebelumnya 20 menit..yessss serempak 15 anggota kami merayakan kemenangan hidup tim GARUDA, HIJAU,HIJAU, HIJAU YESSSS.
Pukul 17:00 tibalah saatnya untuk ngopi time, sambil menunggu tim lainnya bermain Paint ball kami beristrahat sejenak sekedar meluruskan tulang belakang juga kami diberikan kesempatan untuk shalat Ashar, lumayan juga capeknya tapi tidak mengalahkan serunya semua permainan.
17: 30 bus PIP membawa kami kembali ke tempat peristrahatan, wow dinginnya minta ampun bagaikan mandi memakai es batu, tapi gimana lagi badan kotor dan bau...
setetelah shalat magrib kami berkumpul untuk makan malam, asyiiik sambil diiring elekton kami menikmati makan malam dengan lahap ditambah seorang instrukur berkenan menyumbangkan lagu hits...
beliau mengawali sambutannya" ada 3 kelompok orang jika mendengar musik yaitu;
1. kelompok yang stress jika di suruh untuk bernyanyi tapi dia tidak bisa menyanyi.
2. kelompok yang stress jika dia tidak dipanggil untuk bernyanyi padahal dia ingin
3. kelompok yang stress jika mendengar musik dan tanpa permisi mengambil alih panggung.
gerrrrrrrr serempak yang hadir sambil standing aplouse bertepuk tangan. dua lagu dibawakannya yang ditutup dengan senyum khasnya dan berkata CIPURUUMEKA...Sambil berlalu ke ruang makan.
setelah acara makan selesai kami di bawa ke gedung pertemuan, disana tim pasilitaor sudah siap untuk melanjutkan acara out bond. sambil menunggu peserta lainnya kami disuguhkan musik, tak mau kalah dari artis lokal peserta yang berkompoten langsung naik panggung, dan yang lainnya berjoget ria.
setelah peserta lengkap kami dibagikan kertas untuk tes psikologi, setelah itu masih dengan kelompok hijau-hijau kami mengganti nama tim dengan sebutan pahlawan nasional. kami segaera berkumpul dan mengatur strategi agar bisa menang dalam permainan ini. kami memilih nama pahlawan yang agak panjang alasannya supaya tidak mudah mengucapkannya"jenderal sudirman"dan benar kamilah tim yang jarang disebut karena tim lain berfikir terlalu lama mengucapkan pada waktu singkat. dan yang kocak salah satu tim menamakan dirinya SULE entah pahlawan dari mana asalnya yang satu ini...dan apa yang terjadi "kami tim ahmad yani mendor SULE, kami GUSDUR mendor SULE kami yossudarso mendor SULE dan bukan itu saja keheboan terjadi saat Ahmad Yani saling Mendor Sule kemudian Sule membalasnya berulang kali keaaan ruangan gaduh karena peserta idak bisa mengendalikan tawanya..hingga pembina pasilitator menambah aturannya tidak boleh menembak tim yang baru saja ditembaknya dan jika tidak kompak saat menembak tim lain maka dihukum bernyanyi atau joget diatas panggung. sampai akhir acara tim jenderal sudirman hanya sekali didor itupun Tim tetangga dekat. sungguh mengesankan acara malam itu.

waktu shalat shubuh kami dibangunkan oleh pembina samapta, setelah shalat kami langsung berbaris dan berlari-lari kecil di seputaran jalan-jalan desa, dingin terasa menusuk-nusuk dan auggggg masih ngantuk.
setelah mandi pagi kami berkumpul lagi untuk sarapan pagi diteruskan pengarahan dari ketua DOPK. kami dipersilahkan untuk naik bus untuk menuju lokasi OUTBOND selanjutnya. dengan tim yang sama dan pasilitator yang sama pula kami memulai permainan konsentrasi yang menggairahkan, bagaiman tidak para wakil pasiliator adala cewek cantik. kami diwajibkan mengenal 2 teman peserta dari kiri dan kanan kemudian dirubah lagi posisi secara acak dan peraturan yang sama mengetahui nama 2 peserta dari kiri dan kanan(dar/kanan. dor/ kiri)tidak sedikit peserta yang terkena hukuman karena salah nama. tidak terecuali saya namun kekompakan kami maka saya terbebas. saat itu secara acak pembina menunjuk saya dengan kata dor dan secara Repleks saya mengucapkan 2 nama disamping kiri ,samsul dan Linggi dengan muka serius, dan diiyakan teman yang ditunjuk.padahal apa yang sebenarnya??? yang pertama benar dan yang ke dua salah tapi sukur teman yang aku sebut Linggi meyakinkan pada pengawas bahwa dia memang bernama Linggi. setelah pengwas berbalik badan dan melanjukan pemburuhannya secara repleks aku menyalami yang kedua dan berterima kasih, tapi sial seorang wakil dai pasilitator melihat saya dan memaggil pembina, tapi untuk yang kusebut lingga tetap ngotot bahwa dirinya memang bernama Lingga. selamatlah aku hehehe...

lanjut permainan berikunya adalah masuk ke perangkap tikus, permainan ini sangat membutuhkan konsentrasi pagi pemandunya. pemandunya duduk diatas ember yang berisi air yang setiap kesalahannya dalam mengarahkan orang yang masuk perangkap merayap melewati jebakan-jebakan akan tumpah jika menyentuh tali/kayu jebakan.
selanjutnya permainan sarang laba-laba, setiap anggota tim harus masuk kelobang sarang laba-laba tanpa menyentuh sarang(tali) tersebut.dan jika salah diulang lagi ke semula.
dan permainan yang seru adalah rahasia di penjara alkatras, tim harus membuka angka-angka secara berurutan jika tidak maka diulang lagi sampai menit ke 15 dengan 10 peserta. permainan ini menggunakan 6x5 kotak berari 30 kotak yang berisi separuh huruf dan 11 angka yang berurutan dari 1sehingga yang kosong ada 15 kotak. perlu konsentrasi agar yang sudah terbuka tidak dibuka lagi pada pencarian berikutnya. permainan yang menantang.
sebenarnya masih ada yang lebih menantang tapi aku takut ketinggian....ihhh ngak kuat gemetar rasanya lutut ini,dan akhrnya peluit dibunyikan tanda berakhirnya acara OUTBOND PASIS ANGK.XXI TAHUN 2011.
setelah beres-beres dan makan siang kami back to campus.

tanks semua penyelenggara kami sangat puassssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss.

Tidak ada komentar: